Handphone Yang Bisa Melacak Pennyakit Malaria






Sobat silvester kalian pasti baru tau yah.. kalau ada hp yang bisa melacak malaria? Makannya jangan tinggalkan ini blog karena banyak postingan – postingan yang belum terpecahkan. Dalam postingan kali ini ane akan posting tentang “Handphone Yang Bisa Pennyakit Malaria”. (Gambar diatas hannya ilustrasi) 


PENELITI dari Harvard School of Public Health melacak jejak penyebaran malaria di kenya menggunakan catatan panggilan telepon dan pesan singkat dari 15 juta telepon genggam/handphone (HP). Sebelum menggunakan telepon genggam, mereka menggunakan data jaringan jalan, sensus, dan penelitian GPS kecil – kecilan. “kini kami bisa menggunakan data pergerakan manusia lewat telepon genggam dan membandingkannya dengan resiko infeksi” kata Caroline Buckee, asisten profesor epidemologi Harvad School of Public Health.

Buckee dan kolegennya menggunakan data telepon genggam sejak juni 2008 hingga juni 2009 untuk melacak waktu dan asal telepon serta pesan singkat dari 15 juta telepon genggam milik warga negara kenya. Mereka lalu membandingkannya dengan volume pelanggan di wilayah tertentu di kawasan prevalensi malaria. Dengan mempelajari pergerakan parasit dan manusia, tim bisa melihat sumber malaria dan siapa saja yang mungkin terinfeksi. Hasil penelitian yang dipublikasi di jurnal science menunjukan bahwa transmisi malaria di kenya di dominasi oleh perjalanan dari danau victoria dan wilayah ujung barat negeri itu, ke Ibu Kota Nairobi. Sekitar 89 persen dari 1 juta kematian akibat malaria setiap tahunnya terjadi di Afrika.

Hasil penelitian Harvard tersebut membantu peneliti memahami bagaimana pola perjalanan manusia berpotensi menyebarkan penyakit, serta peningkatan kesehatan masyarakat untuk mengentas kan infeksi penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Buckee mengantisipasi teknologi telepon genggam dapat mengubah pendekatan pengendalian malaria. Strategi lama, seperti penggunaan insektisida, jaring nyamuk, obat dan pemberantasan habitat nyamuk bisa ditingkatkan dengan pengiriman pesan kepada para pelawat dari dan ke wilayah malaria. Pengendalian dengan cara ini lebih murah, ditengah ketatnya anggaran kesehatan di Kenya.

Nah bagaimana sobat silvester tentang postinga kali ini tentang HP Pelacak Malaria, masih banyak lagi postingan tentang pengetahuan – pengetahuan yang heboh dan berilmu yang belum ane posting jadi silahkan beri kritikan tentang postingan kali ini,karena orang yang membaca pasti meninggalkan jejak. Jangan lupa terus kunjungi blog ini karena blog ini mempunyai postingan misteri yang belum terpecahkan. http://silvestersite.blogspot.com.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment